Home » » makalah cara membuat meja taman

makalah cara membuat meja taman

Written By Unknown on Senin, 19 Januari 2015 | 21.45




                                 KATA PENGANTAR                                 

Pertama-tami kami ucapkan puji dan puji syukur atas rahmat dan ridho ALLAH SWT, karena tanpa Rahmat dan Ridho-Nya kita dapat bisa menyusun makalah tentang cara pembuatan meja dari kayu dan semen dengan secara baik dan cermat.
Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada pembaca karena sudah memilih makalah ini sebagai penunjang dalam melakukan praktek di lapangan.
Dan kami sebagai penulis dalam makalah seri pertama ini tentang cara membuat meja dari kayu dan seman mengucapkan terima kasih sebesarnya-besarnya terhadap warga SMA N 1 Kecamatan Akabiluru yang telah membantu kami dalam perkembangan penyusunan makalah melalui riset bersama
Dalam makalah seri pertama tentang cara membuat meja dengan kayu dan semen kali ini kami menjelaskannya secara tahap demi tahap serta di lengkapi dengan gambar untuk memperjelas tata cara proses pembuatan meja dari kayu dan semen.
Di harapkan pula ke pada pembaca untuk memperhatikannya dengan secara cermet untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan sebelumnya. Dan untuk itu marilah kita berdoa terlebih dahulu demi kesempurnaan sifat dan tindakan kita.


Sariak Laweh 23 November 2014 M


Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
                     
A.  Latar Belakang
Masalah keterampilan tidak bisa di pisahkan dari sektor kehidupan seseorang. Bahwa dengan adanya keterampilan dalam kehidupan itu bisa berpengaruh besar dalam kepribadian dan gaya seseorang. Dalam artian positif  kita dapat mengambil kesimpulan bahwa orang yang ahli dalam keterampilan itu bisa membuahi rezeki dan sifat kesenian itu terasa melekat baik kehidupannya sendiri mau pun kehidupan pribadinya.
Seperti hal sebelumnya, bahwa seseorang bisa membuahi suatu nilai uang yang tinggi. Kenapa tidak, dengan modal yang cukup di katakan rendah itu bisa membuahi untung yang bisa tentunya sangat erat hubungannya dengan sektor kewirausahaan. Salah satunya pembuatan meja taman yang merupakan pengabungan unsur kayu dengan semen. Denagan menggunakan kerangka kayu dan di campur dengan semen itu bisa mengurangi pokok pembuatan karena kita tidak menggunakan besi yang tergolong mahal harganya.
Dari ha tersebut di perlukan keterampilan dan model fariasi yang kita inginkan untuk mengampil perhatian dari orang lain untuk menghasilkan suatu nilai uang dan menciptakn suatu nilai ekonomi.
Dengan tumbuhnya nilai ekonomi dari suatu keterampilan tentunya akan tercitakan suatu lapangan kerja baru baik itu pemuda yang putus sekolah, pengemis dan lain sebaginya yang berhubungan dengam nilai ekonomi.
Dari kumpulan riset yang kita ketahui bahwa sebagian besar orang pengangguran itu di sebabkan adanya kekurangan nilai keterampilan yang ada dalam dirinya, sehingga dia merasa linglung dan tidak tahu apa yang iya lakukan dan akhirnya orang pengangguran tersebut salah kaprah dari hal sebernnya dari dalam kehidupan yang seharunya ia lakukan.
Untuk menjawab itu semua dari pemasalah yang ada mari kita perhatikan dan simak secara seksama tentang bagaimana cara untuk membuat meja dari kayu dan semen. Dengan adanya makalah ini, supaya pembaca yang merasa pengangguran bisa untuk mengembangkannya setelah menghayati, membaca, melakukan dan menjualnya dengan ekomi yang tinggi.

B.   Identifikasi Masalah
        a.       Alat dan bahan apa saja di gunakan dalam pembuatan meja taman?
    b.      Bagaimana cara pembuatan meja taman?
    c.       Jelaskanlah cara supaya hasilnya karya seninya sempurna di mata orang lain?
   d.      Butuh beberapa lama kita dalam pembuatanya?
    e.       Siapkah pembeli akan menerima karya seni yang akan di buat?

C.   Tujuan Dari Makalah
      a.       Untuk mengetahui alat dan bahan yang akan di gunakan dalam pembuatan meja taman.
    b.      Untuk mengetahui cara pembuatan meja taman.
    c.       Untuk mengetahui supaya karya seninya bisa di terima dengan baik
    d.      Untuk mengetahui waktu yang akan dibutuhkan dalam pembutannya
     e.       Untuk mengetahui sifat pembeli terhadap karya sastra yang akan di buat.

BAB II
PEMBAHASAN

Untuk melakukan pembuatan meja taman dari kayu dan semen kita terlebih dahulu untuk mengetahui alat dan bahannya dalam pembutan meja taman tersebut. Tujuannya tak lain tak bukan supaya hasil yang kita peroleh tidak ada kekecewaan pada akhirnya. Maka ada beberapa alat dan bahan yang perlu anda sipkan, yakni sebagai berikut:
a.      Alat

      1.      Sendok semen
    2.      Meteran
    3.      Bor khusus
    4.      Ayakan pasir
   5.      Sekop
   6.      Dawai kecil
     7.      Pipa PVC 4 inci
     8.      Pengsil
     9.      Oli bekas
    10.  Tang

b.      Bahan

    1.      Pasir
    2.      Air
   3.      Kerikil
   4.      Kayu balok 5x5 cm
    5.      Paku kecil 3 mm
   6.      Tripleks
Ø  70x65   1 buah
Ø  70x 80 cm 1 buah
Ø  65x80 cm 2 buah

c.       Cara kerja

Ada tata cara yang anda harus perhatikan dan cermati secara seksama dan pahami kata-kata yang terangkum dibawah ini tentang tata cara pembuatan meja taman dari kayu dan semen, yakni sebagi berikut:
      Setelah anda sudah menyiapkan segala hal dari alat dan bahannya, maka anda perlu melakukan suatu pengerjaan pertama, yakni anda harus terlebih dahulu menyiapakan rangkanya dari kayu kayu balok dengan ukuran 5x5 cm.

      kayu balognya sebanyak 4 buah dengan panjang 80 Untuk pada tinggi meja anda harus menyiapkan cm. Untuk pada bagian lebarnnya anda menyiapkan kayu balok ukuran 5x5 cm sebanyak 4 buah dengan panjang 65 cm serta ukuran 70 cm 4 buah lagi. dan yang terakhir anda harus membuat ukuran injakan kakinya dengan ukuran 65 cm sebanyak 3 buah. Untuk melakukan pemotongan kayu dengan ukuran 5x5 cm lakukanlah secara teliti dan jangan sampai miring dan itu sangat berpengarus dalam pengabungan antar balok untuk membentuk suatu kerangka. Jika anda merasa kesulitan atau kurang cermat dalam pemotongan kayunya, maka minta bantulah kepada orang lebih besar.
      Setelah pemotongan kerangka sudah jadi, maka untuk tahap selanjutnya anda harus mengabungkannya antar balok yang sudah anda potong dengan rapi. Dalam pengabungannya anda harus menggunaka alat khusus, yaitu bor khusus paku atau klep paku. Dengan adanya bor paku ini, maka pada saat pelekatan antar kayu balok dengan ukuran kecil tidak mengalami retak ataupun mengalami pecah atau bisa jadi akan mengalami yang namanya terbelah dan tentunya anda tidak mau mendengar serta mengalami hal seperti itu. Alat bor ini sangat berperang penting dalam penyambungan kayu baloknya karna tekanan bor rata dan tidak secara mendadak seperti palu.
      Setelah semua balok terhubung menjadi satu dan membentuk kerangka, maka ambillah pipa PVC dan belah menjadi dua bagian. Sebelum melekatkan pipa PVC, terlebih dahalu anda harus  mengolesi pipa PVC tersebut dengan oli dengan merata pada semua bagian pipa PVCnya suapaya tidak ada suatu keretakan dan menempelnya suatu semen kepada cetakan. Untuk melekatkan pipa PVC suapaya erat, anda harus melekatkannya dengan menggunakan dawai dan ikatkanlah dengan erat dengan menggunakan tang.
      Semua pengabungan balok dan membentuk suatu kerangka telah jadi dan cetakan dari pipa PVC, maka aduklah semen dengan pasir serta kereker yang kecil dan di beri air secukupnya pada adukan semen tersebut. Dalam pengadukan semen dengan mengabungkan semua material, usahakanlah tidak terlalu encer dan tidak terlalu kering. Di karenakan hal seperti itu sangat berpengaruh pada hasil cetakan.
      Setelah adukan merata dan telah di kasih air, anda harus memasukan semen tersebut dengan menggunakan sendok semen secara perlahan-lahan. Untuk supaya semennya tidak berserakan dan terbuang anda tinggal alasi pada bagain kaki cetakan dengan bekas kertas semen. Suapa hasil meja taman anda terlaksana dengan sempurna dan hasilnya juga sempurna anda perlu meletakan cetakan tersebut di bawah terik mata hari atau di diamkam di dalam ruangan untuk menghindarkan dari hujan.
      Setelah anda merasa kalau cetakan meja taman anda merasa sudah keras anda tinggal memuka cetakan dengan memutar dawai sampai putus dengan mengunakan tang. Hasil yang anda peroleh dari pengorbanan anda, kini sudah berada di depan anda dan tinggal anda mengendalikan baik itu di jual mau pun di pakai pribadi.
       Untuk penampilan meja taman anda supaya rapi, sempurna, dan indah anda harus menghiasmya demgan menggunakan triplek atau pada bagian tripleknya anda ksih sedikit goresan dan anda kasih sedikit semen dan buat hiasan lainya agar dekorasinya tampak sempurna.

BAB III
PENUTUPAN

     A.  Kesimpulan
Berdasarkan dari hsil makalah kami tentang cara membuat meja dari kayu dan semen, itu adalah pengabungan dari unsur kayu dengan semen yang saling terikat mejadi satu. Sehingga meja taman tampak seperti semen pada seluruh bagaiannya. Untuk dalam proses pembuatannya itu di perlukan suatu tindakan dengan bertahap. Pertama anda harus menyiapkan alat dan bahannya, melakukan pemotongan pada kayu balok dengan ukuran kecil, pelekatan balok dengan menggunakan bor untuk menghindari dari keretakan atau pun kepecahan, pelekatan cetakan dari pipa PVC dan di olesi pada bagian dalamnya dengan mengunakan oli secara merata, membuka cetakan dengan perlehan-lahan di saat cetakan sudah keras, dan yanhg terakhir anda perlu meghiasnya dengan triplek atau melapisi triplek tersebut dengan mengunakan semen. Maka otomatis karya seni yang anda bangun dan anda buat akan membuahi hasil yang sempurna dan tinggal bagaimana anda mengolah di jual atau di nikmati sendiri.

     B.   Saran
Saran dari kami sebagai penulis makalah tentang cara membuat meja taman dari kayu dan semen pada seri pertama ini adalah anda tidak perlu melakukannya dengan terburu-buru seperti apa sebelumya kami katakan, yakni lakukanlah dengan secara bertahap-tahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Dan saran kami yang terakhir adalah janganlah mudah ntuk menyerah jika karya yang anda laku cacat dan berusahalah secara terus menerus dan janganlah mudah puas dari apa yang anda buat dan anda lakukan, lakukanlah obserpasi secara terus menerus dan tentunya anda perlu menggunakan teknologi dalam pengembangan karya anda.
Dan tidak lupa pula, bagai pembaca kami mengharapkan kritik dan saran dari anda tentang makalah cara membuat meja dari kayu dan semen pada seri pertama ini, karna kritikan yang anda berikan bisa menghindarkan dari kesalahan dan tidak terulang secara terus menerus terhadap makalah berikutnya, serta dari saran anda itu sangat berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan berikutnya.



TERIMA KASIH

Donload file fersi PDF untuk mempermudah anda dalam memahaminya. Terimakasih telah berkunjung :)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. YSF_SMANSAKA.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger