KANDUNGAN SURAH AL-FAATIHAH
Surat Al Faatihah
(Pembukaan) yang diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat adalah surat yang
pertama-tama diturunkan dengan lengkap diantara surat-surat yang ada dalam Al
Quran dan termasuk golongan surat Makkiyyah. Surat ini disebut Al Faatihah
(Pembukaan), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulainya Al Quran.
Dinamakan Ummul Quran (induk Al Quran) atau Ummul Kitaab (induk
Al Kitaab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al Quran, dan karena itu
diwajibkan membacanya pada tiap-tiap sembahyang.
Dinamakan pula As Sab'ul matsaany (tujuh yang berulang-ulang) karena ayatnya tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam sembahyang.
Dinamakan pula As Sab'ul matsaany (tujuh yang berulang-ulang) karena ayatnya tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam sembahyang.
Surat ini mengandung
beberapa unsur pokok yang mencerminkan seluruh isi Al Quran, yaitu :
1. Keimanan:
Beriman
kepada Tuhan Yang Maha Esa terdapat dalam ayat 2, dimana dinyatakan dengan
tegas bahwa segala puji dan ucapan syukur atas suatu nikmat itu bagi Allah,
karena Allah adalah Pencipta dan sumber segala nikmat yang terdapat dalam alam
ini. Diantara nikmat itu ialah : nikmat menciptakan, nikmat mendidik dan
menumbuhkan, sebab kata Rab dalam kalimat Rabbul-'aalamiin tidak
hanya berarti Tuhan atau Penguasa, tetapi juga mengandung arti
tarbiyah yaitu mendidik dan menumbuhkan. Hal ini menunjukkan bahwa segala
nikmat yang dilihat oleh seseorang dalam dirinya sendiri dan dalam segala alam
ini bersumber dari Allah, karena Tuhan-lah Yang Maha Berkuasa di alam ini.
Pendidikan, penjagaan dan Penumbuahn oleh Allah di alam ini haruslah
diperhatikan dan dipikirkan oleh manusia sedalam-dalamnya, sehingga menjadi
sumber pelbagai macam ilmu pengetahuan yang dapat menambah keyakinan manusia
kepada keagungan dan kemuliaan Allah, serta berguna bagi masyarakat. Oleh
karena keimanan (ketauhidan) itu merupakan masalah yang pokok, maka didalam
surat Al Faatihah tidak cukup dinyatakan dengan isyarat saja, tetapi ditegaskan
dan dilengkapi oleh ayat 5, yaitu : Iyyaaka na'budu wa iyyaka nasta'iin
(hanya Engkau-lah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkau-lah kami mohon
pertolongan). Janji memberi pahala terhadap perbuatan yang baik dan ancaman
terhadap perbuatan yang buruk.
Yang dimaksud dengan Yang Menguasai Hari Pembalasan ialah pada hari itu Allah-lah yang berkuasa, segala sesuatu tunduk kepada kebesaran-Nya sambil mengharap nikmat dan takut kepada siksaan-Nya. Hal ini mengandung arti janji untuk memberi pahala terhadap perbuatan yang baik dan ancaman terhadap perbuatan yang buruk. Ibadat yang terdapat pada ayat 5 semata-mata ditujukan kepada Allah, selanjutnya lihat no.
Yang dimaksud dengan Yang Menguasai Hari Pembalasan ialah pada hari itu Allah-lah yang berkuasa, segala sesuatu tunduk kepada kebesaran-Nya sambil mengharap nikmat dan takut kepada siksaan-Nya. Hal ini mengandung arti janji untuk memberi pahala terhadap perbuatan yang baik dan ancaman terhadap perbuatan yang buruk. Ibadat yang terdapat pada ayat 5 semata-mata ditujukan kepada Allah, selanjutnya lihat no.
2. Hukum-hukum:
Jalan kebahagiaan dan
bagaimana seharusnya menempuh jalan itu untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan
akhirat. Maksud "Hidayah" disini ialah hidayah yang menjadi sebab
dapatnya keselamatan, kebahagiaan dunia dan akhirat, baik yang mengenai
kepercayaan maupun akhlak, hukum-hukum dan pelajaran.
3. Kisah-kisah:
Kisah para
Nabi dan kisah orang-orang dahulu yang menentang Allah. Sebahagian besar dari
ayat-ayat Al Quran memuat kisah-kisah para Nabi dan kisah orang-orang dahulu
yang menentang. Yang dimaksud dengan orang yang diberi nikmat dalam ayat ini,
ialah para Nabi, para shiddieqiin (orang-orang yang sungguh-sungguh beriman),
syuhadaa' (orang-orang yang mati syahid), shaalihiin (orang-orang yang saleh). Orang-orang
yang dimurkai dan orang-orang yang sesat, ialah golongan yang menyimpang
dari ajaran Islam.
Perincian dari yang telah disebutkan diatas terdapat dalam ayat-ayat Al Quran pada surat-surat yang lain.
Perincian dari yang telah disebutkan diatas terdapat dalam ayat-ayat Al Quran pada surat-surat yang lain.
0 komentar:
Posting Komentar