Home » » kandungan suarah al-maidah

kandungan suarah al-maidah

Written By Unknown on Jumat, 09 Januari 2015 | 21.52

KANDUNGAN SURAH AL-MAA’IDAH 

Mhd. Yusuf || SMA N 1 Kec. AKABILURU


Pada surah al-maa’idah terdiri dari 120 ayat. Surah al-maa’idah ini tergolong kedalam surah madaniayah. Tapi sebagian dari ayat ini ada juga di turunkan di mekah, namun di turunkan saat itu Muhammad s.a.w. melakukan hijrah ke medinah. Dimana saat itu rasul (Muhammad s.a.w. melakukan haji wadaa’ bersama para sahabat
Surat al-maa’idah ini di sebut dengan hidangan. Di sebabkan hidangan karena ada hal yang menguat tentang kisah pengikut setia nabi Isa a.s. meminta kepadanya agar Allah menurunkan hidangan makanan dari langit bagi mereka (sahabat nabi Isa a.s. Hal ini di kutip dalam surah al-maa’dah ayat 112 dan di namakan al-uqud atau perjanjian. Kata ini terdapat pada ayat pertama surah ini yang di artikan bahwa Allah menyuruh kepada hamba-hamba-Nya memenuhi janji prasetia terhadap Allah dan perjanjian-perjanjian yang mereka buat sesamanya.
Surah ini juga di sebut juga dengan al-munqidz atau di sebut dengan menyelamatkan. Di sebut menyelamatkan karena akhir surah ini mengandung kisah tentang nabi Isa a.s. penyelamat pengikut-pengikut setianya dari azab Allah. Dimana pokok-pokok isinya antara lain sebagai berikut..
1. Keimanan; Bantahan terhadap orang-orang yang mempertuhankan Nabi Isa a.s.
2. Hukum-hukum:Keharusan memenuhi perjanjian; hukum melanggar syi'ar Allah;                               makanan yang dihalalkan dan diharamkan; hukum mengawini ahli                                kitab; wudhu'; tayammum; mandi; hukum membunuh orang;                                                hukum mengacau dan mengganggu keamanan; hukum qishaas;                                                     hukum melanggar sumpah dan kafaaratnya; hukum binatang waktu                                          ihram; hukum persaksian dalam berwasiat.
3. Kisah-kisah:Kisah-kisah Nabi Musa a.s. menyuruh kaumnya memasuki Palestina;                                    kisah Habil dan Qabil, kisah-kisah tentang Nabi Isa a.s.
4. Dan lain-lain:Keharusan bersifat lemah lembut terhadap sesama mukmin bersikap          keras terhadap orang-orang kafir; penyempurnaan Agama Islam di zaman Nabi       Muhammad s.a.w.; keharusan jujur dan berlaku adil; sikap dalam menghadapi berita- berita bohong; akibat berteman akrab dengan orang yang bukan muslim; kutukan           Allah terhadap orang-orang Yahudi, kewajiban rasul hanya menyampaikan agama;             sikap Yahudi dan Nasrani terhadap orang Islam; Ka'bah sokoguru kehidupan      manusia; peringatan Allah supaya meninggalkan kebiasaan Arab jahiliyah; larangan-     larangan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mengakibatkan kesempitan dalam       agama.

Demikianlah mukadimah dari surah al-maaidah semoga anda bisa menfaatkannya dengan baik sesuai syariat islam. Bagi anda yang ingin kopas buat tugas sekolah jangan lupa tampilkan linknya. tanpa terkecuali bagi sobat untuk blognya. Sehingga bisa di ambil kesimpulan bagi sobat untuk blognya sendiri berarti tidak kreatif.






Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. YSF_SMANSAKA.NET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger